WEB BLOG
this site the web

SALAH SATU KEAJAIBAN DUNIA ADA DI NEGARA KU

3. SALAH SATU KEAJAIBAN DUNIA ADA DI NEGARA KU

Candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang,Mengenai arti dari nama candi Borobudur sampai sekarang memang belum jelas. Namun menurut soediman,Drs dalam bukunya “Borobudur salah satu keajaiban dunia” menjelaskan antara lain sebagai berikut:
Nama Borobudur berasal dari gabungan kata-kata Boro dan Budur, Boro berasal dari kata sansekerta “vihara” yang berarti komplek candi dan bihara atu juga asrama (menurut poerbatjaraka dan Stutterheim). Sedangkan Budur dalam bahasa bali “Beduhur” yang artinya atas. Jadi nama Borobudur berarti asrama/bihara (kelompok candi yang terletak di atas bukit.
Masih banyak lagi teori dari para ahli tentang arti nama Borobudur.Borobudur adalah bangunan umat budha. Di India bangunan yang berhubungan dengan ajaran Budha disebut Stupa, ialah bangunan yang terbentuk kubah berdiri di atas sebuah lapik dan di beri payung di atasnya. Adapun arti dari pada stupa itu ialah:
- Sebagai tempat penyimpanan (peninggalan – peninggalan yang dianggap suci: benda-benda, pakaian , tulang belulang sang Budha, arhat dan bhiksu terkemuka), dinamakan juga Dhatu garbha(Dagoba)
- Sebagai tanda peringatan dan penghormatansang Budha.
- Sebagai lambang suci umat Budha

Bangunan Borobudur pada hakekatnya adalah stupa juga yang karena mengalami perkembangan yang lama, mempunyai bentuk Arsitektur yang lain dari pada yang terdapat di negara-negara penganut Budha lainnya.
Borobudur menurut Casparis adalah tempat pemujaan atau penghormatan nenek moyang dari wangsa Syailendra.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih telah membagikan ilmu dan informasi yang bermanfaat

Visit Us

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies