WEB BLOG
this site the web

impian ku saat membuka usaha nanti

6. impian ku saat membuka usaha nanti
Usaha yang ingin saya dirikan yaitu:
- Biro Perjalanan Wisata
- Swalayan
- Rumah makan
Sumber: internet

Biro perjalanan Wisata “Liestravel”
“Anda nyaman kami senang…hehe^^!!!!!!!!!”
Oia’ bagi kalian yang menggilai perjalanan kunjungi saya di www.lieztravel@gilaajalan.com

Saya sangat menginginkan suatu usaha yang bergerak di bidang travel karena di bidang ini terdapat hobi-hobi saya.Maka dari itu saya mendirikan usaha Travel yang saya beri nama “LieZTravel”, walaupun di bidang ini banyak kekurangan dan kelebihannya yaitu diantaranya:
Kelebihan:
1. Ada yang memandu.
Bagi kalian yang senang ditemani selama perjalanan, bisa jadi sangat menyenangkan. Bayangkan saja, selama perjalanan, umumnya ada seorang pemandu
yang akan menemani. Dia akan menceritakan seluk beluk perjalanan Wisata kalian, mulai dari ¬ misalnya ¬ asal usul dari jalanan yang kalian lalui, kenapa obyek yang kalian kunjungi itu bisa berdiri, sampai dengan panduan tentang seluk beluk dari kota yang kalian lewati. Seringkali, pemandu membuat sesuatu yang berbeda dibanding kalau kalian pergi sendiri.

2. Cocok Bagi kalian yang Masih Asing.
Mengikuti paket wisata bisa jadi sangat menyenangkan bagi kalian yang masih asing atau belum pernah datang ke kota wisata tersebut. Ini karena setiap kota memiliki ciri dan karakter yang berbeda dengan kota lain. Kebiasaan pelayanan restoran di Medan misalnya, beda dengan kebiasaan pelayanan restoran di Makassar. Begitu seterusnya. Dengan bantuan travel, umumnya kalian akan diberitahu mengenai perbedaan-perbedaan apa yang harus kalian pahami. Selain itu, perbedaan sistem transportasi di setiap kota umumnya akan menyusahkan kalian bila tidak mengerti. Nah, dengan mengikuti panduan seseorang yang di sediakan oleh travel, umumnya masalah transportasi di kota yang kalian datangi bisa terpecahkan, karena kalian akan bersama dengan rombongan

3. Penggunaan Waktu yang Lebih Efektif.
umumnya kalian bisa lebih efektif dalam mengelola waktu. Bayangkan saja, umumnya tiada hari tanpa perjalanan.Tidak ada cerita kalian hanya tidur-tiduran di hotel, sementara sebetulnya hari itu Anda bisa mengunjungi obyek wisata yang mungkin sangat menarik. Bayangkan kita pergi sendiri
Kekurangan:
1. Umumnya Lebih Mahal.
Akan mengeluarkan uang lebih banyak, Ini wajar mengingat kita secara tidak langsung juga mendapatkan fasilitas lebih.

2. Terikat Waktu.
Betul, bagi yang tidak suka diatur oleh jadwal, mengikuti Paket Wisata mungkin akan menyusahkan.
Dari semua hal yang tadi saya jelaskan disini saya tidak akan berhenti dan menyerah begitu saja karena banyak factor juga yang akan menjadi pendorong.
Pada umumnya seseorang terdorong untuk melakukan perjalanan wisata jika beberapa kondisi berikut terpenuhi :
- Waktu luang tanpa halangan.
- Tersedia biaya
- Keinginan untuk melakukan perjalanan.
Tapi ini tidak saya buat masalah yang besar sekarang banyak masyarakat yang sudah menggilai hobi ini dan ini kesempatan saya untuk mengajak mereka ikut dalam perjalanan ini. Dengan menyediakan beberapa fasilitas plus-plus karena saya tidak ingin mengecewakan para pelanggan saya.

Pihak – pihak tersebut adalah sebagai berikut :
1. Airlines / maskapai penerbangan: saya akan meyediakan ini, karena saya sudah bekerja sama dengan PT. Garuda Airlines yang sudah mempunyai kepercayaan penerbangan dalam domestic maupun luar negeri.
2. Penginapan / Hotel: Saya akan memakai hotel bintang *** s.d hotel bintang *****
3. Penyedia jasa transportasi darat : ini akan di gunakan pada saat mengunjungi salah satu tempatnya.
4. Rumah makan / Restaurant : saya akan menjamin kualitas di tempat ini di atas rata-rata,
5. Guide / Pemandu wisata yang handal.
6. Dinas – dinas / perusahaan – perusahaan yang terkait dengan dokumen perjalanan
7. Tour leader(pemimpin atau penanggung jawab penuh dengan semua hal
8. dan lain-lainnya.
Biro perjalanan Wisata “Liestravel”
“Anda nyaman kami senang…hehe^^!!!!!!!!!”
Oia’ bagi kalian yang menggilai perjalanan kunjungi saya di www.lieztravel@gilaajalan.com

Dari usaha travel saya ini akan membuat perbandingan apakah kalian ingin berlibur sendiri atau memakai jasa kami ini.
Barang yang kami tawarkan berupa jasa. Pemasaran kami lebih ke kalangan menengah ke atas. Promosi lebih di tujukan di dunia internet, spanduk dan media cetak. Kami belum melakukan iklan di media televise.Tapi disini saya tidak melakukan pengecualian terhadap kalangan menengah ke bawah dan tanpa perbedaan pelayanan antara yang mampu maupun yang tidak karena pada dasarnya semua konsumen merasa senang apabila dirinya selalu di anggap.
Walaupun disini saya sebagai mahasiswa manajemen pemasaran tidak membuat saya gentar menjadi seorang wirausaha muda yang harus banyak belajar tentang diri saya sendiri, kegagalan harus di terima sebagai pengalaman selalu berpikir positive, jangan suka menunda pekerjaan, harus dapat memecahkan masalah dengan penyelesaian tanpa adanya kebohongan.
Maka dari itu saya tidak henti-hentinya melakukan inovasi lewat pengembangan agar pada saat menawarkan suatu pelayanan terlihat menarik dari sisi penampilan, tutur kata dan mudah bergaul harus di perhatikan.Ini mencerminkan Remaja yang Smart.







IMPIAN USAHA SELANJUTNYA...
HAYOOOO…BELANJA DI SWALAYAN LiES
Dengan mendapatkan keuntungan!!!!!

MURAH…MURAH…KUALITAS TERJAMIN !!!!!!!

Usaha yang satu ini menurut saya sangat menguntungkan karena di jaman sekarang, tempat ini tidak menjadi asing lagi. Maka karena ini juga saya melihat peluang untuk mendirikan Usaha yang bermula terinspirasi tentang Superindo yang terletak didekat kampus saya. Karena Jiwa kewirausaha Muda saya dan sesuai dengan jurusan kuliah saya.
Pertama dalam memilih usaha ini harus di dampingi SDM yang memiliki pengetahuan, keterampilan, keahlian, manajemen dan harus di dampingi juga fasilitasnya. Dimulai dari usaha kecil agar memeperkecil resiko gagal.
Kegiatan bisnis menjual barang dan jasa kepada konsumen akhir untuk digunakan secara pribadi, keluarga atau untuk keperluan rumah tangga.
Bisnis eceran secara garis besar kegiatan-kegiatan pemasaran yang dirancang untuk memberi kepuasan kepada konsumen akhir dan menguntungkan jika kita mempertahankan konsumen ini melalui suatu program perbaikan kualitas yang berkelanjutan.(Biasanya swalayan memperdagangkan bermacam-macam barang mulai dari perabot rumah tangga, bahan makanan, daging, buah-buahan, sayur, dan sebagainya),dengan permintaan harga tertentu, dan biasanya mempunyai ruang / halamaan parkir yang luas.
Sebagai pemilik usaha saya harus memahami tingkat dari setiap toko yang tepat.
Hal ini meliputi 2 faktor yaitu kualitas pelayanan yang disediakan oleh tenaga penjual dan jumlah pelayanan yang diasosiasikan dan disediakan oleh toko, seperti pelayanan pembungkusan hadiah dan pelayanan surat-menyurat.
Dalam swalayan yang saya dirikan juga terdapat kelebihan yaitu pemesanan di atas Rp 100.000,00 kami langsung bisa mengantar tanpa adanya keterlambatan apabila terdapat kesalahan yang kami lakukan maka kami akan memberikan potongan sebesar 20% dari total pembelanjaan tapi apabila kesalahan di lakukan oleh konsumen itu sendiri maka hal itu bukan tanggung jawab kami, sedangkan kekurangan dari swalayan yang saya dirikan yaitu harga yang suka tinggi (tapi hal ini jarang terjadi mungkin kenaikan itu karena terjadi kejolak harga)
Perlu diketahui bahwa pelayanan dengan level yang tinggi ini terkadang mempengaruhi kenaikkan biaya, kecuali diikuti oleh peningkatan penjualan, mungkin memerlukan kenaikan harga produk yang dijual.
Kunci yang paling penting untuk diketahui adalah untuk mengerti aspek apa dari pelayanan yang paling tepat untuk digunakan pada tipe barang yang dijual di toko kami.
Pada situasi tertentu pada saat konsumen menginginkan suatu barang maka konsumen melakukan pencarian informasi secara internal maupun eksternal, setelah itu konsumen mencari perbedaan antara 2 atau lebih swalayan untuk megetahui kelebihan maupun kekurangan di masing-masing tempat lalu setelah mendapatkan yang terbaik maka konsumen langsung melakukan pembelian di tempat tersebut. Disini kita sebagai produsen harus dapat membaca situsi seperti ini walaupun pada saat konsumen melakukan perbandingan kita harus selalu baik dalam melakukan pelayanan walaupun nanti pada akhirnya konsumen tidak jadi beli di tempat kita.
Tetapi di dalam melakukan hasil pembelian tersebut, konsumen tak jarang merasakan kekecewaan dan ini akan membuat konsumen untuk tidak melakukan pembelian kembali.Disini produsen harus peka terhadap perubahan-perubahan yang di lakukan konsumen, walaupun itu tidak terjadi di toko kami tapi kesalahan yang di lakukan oleh toko lain bisa menjadi pelajaran kepada pelayanan yang akan di berikan oleh konsumen lainnya.
Di dalam prilaku konsumen terkadang ada hal yang harus diperhatikan yaitu:
1. Pengaruh Lingkungan
- budaya
- kelas social ( selera terhadap merk tertentu pasti berbeda-beda)
- Pengaruh teman, keluarga, situasi

2. Perbedaan Individu
- Ada beberapa hal yang mempengaruhi perbedaan individu di antaranya: konsumen satu dengan yang lainnya mempunyai waktu, uang, perhatian yang berbeda.
- Motivasi seseorang untuk memenuhi kebutuhan berbeda.
- Begitu juga pengetahuan informasinya.
- Gaya hidup (antara menengah keatas ataupun menengah ke bawah), kepribadian (konsumtif atau tidak), usia (tua atau muda), jenis kelamin ( laki-laki atau perempuan).

Ini semua tidak dapat di samakan karena jelas berbeda.Disini produsen harus mengolah informasi sehingga mudah di terima / di pahami dan produsen untuk memberikan unsur- unsure pembelanjaan juga disini memberikan keterangan terhadap barang yang di produksinya.
Saya sebagai produsen dalam melakuakan pemasaran juga harus menjelaskan kekurangan dan kelebihan dengan usaha yang saya miliki tanpa adanya hal kebohongan. Walaupun terkadang kepercayaan, sikap, dan prilaku konsumen di pengaruhi oleh orang yang dipercaya sebagai pemberi opini yang baik dan sebagai produsen saya bias memberikan proses pemasaran tersebut pertama kepada si pemimpin opini tersebut jadi pada saat konsumen membutuhkan informasi si pemberi / pemimpin opini bias memberikan info tentang barang kita sehingga ini dapat mempengaruhi keputusan dalam pembeliannya.
Untuk mendirikan usaha swalayan ini terkadang seorang produsen lebih memantaunya misalnya : di wilayah daerah mayoritas masyarakat masih jarang mengenal istilah supermarket beda halnya di wilayah kota yang sudah rutinitas setiap hari untuk menyempatkan waktu ke tempat ini.
Di swalayan yang saya dirikan ini semua 100% barangnya berlabelkan tanda Halal, dan semua barang yang terdapat di sini juga bisa di pakai sendiri ataupun keluaga.
Melihat sifat kondisi pembeli dari sisi aspek keuangan terkadang swalayan kami juga sering mengadakan Diskon atau promosi di tanggal tertentu misal pada saat gajian, hari besar, dll.
Mungkin kenapa untuk beberapa barang kami tidak menyediakan? Pertama banyak hal apabila orang non islam mencari minyak babi, BIR ataupun hal yang lainnya. Di sini jelas-jelas tidak ada karena saya menjual barang hanya yang terdapat tanda halal dan juga di sini saya juga sebagai muslim pasti saya mengharamkan barang apapun yang tidak di perbolehkan oleh agama saya.
Untuk pemasaran kami lebih sering melakukan promosi di dalam keluarga misal kepada sang ibu ataupun sang istri karena mereka cenderung mengeti barang-barang yang terdapat di tempat ini beda halnya sang suami hanya memberikan uangnya saja, tapi tak jarang keputusan setelah kami melakukan pemasaran juga di ambil oleh sang istri dan sang suami.
Di sini dalam hal pemasaran kami lebih megutamakan penjelasan tentang manfaat, cara penggunaannya, negative maupun positif, dan juga fungsinya.dan juga membuat spanduk, brosur dan membuka situs internet www.Swalayan Lies.com
Untuk menentukan situasi :
- harus di lihat objek yang di kelilingi oleh barang lain. Misalkan:
1. Lingkungan Swalayan yang kotor akan membuat konsumen tidak akan datang ke tempat kita.
2. Lokasi harus strategis agar konsumen bisa dengan mudah datang ke tempat ini.
3. Dekorasi tempat dan penyinaran cahaya.
- Situasi musiman membuat produsen lebih cepat mengambilan keputusannya, dan sini saya akan menambah persediaan pada hari-hari tertentu.
- Terkadang di saat terdesak konsumen akan cepat mengambil keputusannya.
- Untuk panataan barang dagangan yang satu dengan yang lain di beri skat-skat agar mempermudah pada saat pencariannya, dan untuk barang Roti maupun ice cream di letakkan di depan agar pada saat konsumen lewat di depan toko akan terpengaruh dengan gambar, aroma, dan juga bentuknya. Pemberian rasa aman kepada konsumen juga perlu.

Sebagai pemilik di sini saya membuat konsep untuk tempat yaitu mengunakan Full Musik karena ini akan membuat suasana hati pembeli agar mereka mendapat kenyaman pada saat memilih-milih barang dengan waktu yang lebih lama. Warna tembok di buat menarik dengan Art design yang mengagumkan.
Saya tidak henti-hentinya melakukan inovasi lewat pengembangan SDM / karyawan agar pada saat menawarkan suatu produk terlihat menarik dari sisi penampilan, tutur kata dan mudah bergaul yang baik harus di perhatikan.tugas karyawan juga harus dapat mengantisipasi ramai / tidak pengunjung ke toko ini, misalnya:
- Pada saat ramai penjaga toko harus di tingkatkan tanpa menggangu kenyaman konsumen dan juga saya juga di tuntut untuk sering melakukan pembaruan.

Target konsumen saya yaitu kalangan menengah ke bawah dan tanpa perbedaan pelayanan antara yang mampu maupun yang tidak karena pada dasarnya semua konsumen merasa senang apabila dirinya selalu di anggap.
Sebagai produsen harus banyak belajar tentang dirinya sendiri, kegagalan harus di terima sebagai pengalaman selalu berpikir positive, jangan suka menunda pekerjaan, harus dapat memecahkan masalah dengan penyelesaian.
Ada beberapa pelayanan prima yang saya terapkan untuk para karyawan untuk pelanggan :
- mencatat pesanan pelanggan
- mencatat kebutuhan pelanggan
- Menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
- Mewujudkan kebutuhan pelanggan
- Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali.

MIMPI KEINGINAN MEMBUKA USAHA SELANJUTNYA

RUMAH MAKAN DESA
Ke LiEz…Zaaaattt yang melekat di setiap Aromanya…hhhhmmmm…yummy
^^
Jago makan??? kesini ajahhhh!!!!!!!!!mampir donkkk..
www.“liez…zattt’@yummy.com


ini adalah salah satu keinginan saya lainnya yaitu mendirikan rumah makan. kenapa saya mendirikan rumah makan ini ???? , yaitu bermula dari kegemaran saya dan keluarga yang suka berwisata kuliner, dan memanfaatkan waktu untuk berlibur dengan keluarga di samping juga dengan kegiatan berbisnis Rumah makan ini.
Jadi jika ada waktu libur bersama terutama hari Minggu kami menyempatkan pergi bersama ke tempat ini.”sambil berlibur, Bisnis tetap jalan” hehehe…
Bisnis rumah makan adalah bisnis yang dianggap oleh sebagian orang sebagai bisnis yang paling mudah untuk dijalankan dengan alasan bahwa setiap orang perlu makan. Namun realitas yang sering terjadi menunjukkan bahwa bisnis rumah makan adalah salah satu bisnis yang paling mudah untuk dibuka dan juga paling mudah untuk bangkrut. Keuntungan yang besar mengiurkan banyak orang untuk menggeluti bisnis ini. Padahal bisnis restoran ataupun rumah makan ini memerlukan pengetahuan manajemen yang baik dalam menjalankannya. Pengetahuan tentang pelayanan sempurna, standar kontrol baik itu dalam hal menu, keuangan ataupun strategi pemasaran wajib dimiliki. Ketidakmampuan untuk menjalankan fungsi tersebut mengakibatkan ketidakmampuan si pebisnis rumah makan untuk menjaga kontinuitas dari bisnis rumah makan yang dia jalankan.
ini juga yang saya rasakan dalam mengelola tapi sebagai remaja yang ingin menjadi seorang wirausaha muda ini tak menjadi halangan buat diri saya.
Bisnis restoran dan rumah makan tidak hanya sekedar cara memasak makanan enak dan menjualnya kepada pelanggan saja. Untuk mempertahankan jalannya bisnis restoran dan rumah makan banyak faktor yang harus diperhatikan. Mulai dari faktor rasa makanan, proses dan resep yang standar adalah hal terpenting yang harus selalu dijaga dan dikontrol kualitasnya. Faktor lain yang juga mendukung majunya usaha ini adalah citra restoran yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan restoran yang lain. Memperhatikan selera dan penanganan keluhan yang baik juga berpengaruh pada kepuasan dan loyalitas pelanggan. Kegiatan promosi, pendanaan, masalah karyawan serta harga yang kompetitif adalah faktor lain yang harus diperhatikan agar bisnis restoran dan rumah makan dapat terus berkembang dari waktu ke waktu.
Saya sebagai anak pemilik dari usaha rumah makan ini ingin menginformasikan tentang rumah makan saya yang terletak di daerah Bogor. Pemasaran yang saya lakukan yaitu melalui internet dan pemasangan pamflet, spanduk, iklan Koran dan brosur bahwa ada rumah makan enak sekali dengan menu yang cirri khas dengan daerah jawa.
Di rencanakan untuk membuka cabang masih di wilayah JABODETABEK tapi belum terlaksana. Tak apa ini pasti akan terwujud karena semangat wirausaha yang menggelora.
Salah satunya adalah nasi liwet di tambah sambal terasi yang menggugah selera (aduh sungguh enak sekali) , rumah makan selain harganya murah juga tempatnya keren dengan rumah makan joglo dengan bumbu kraton, juga sop buntutnya top banget. tempatnya cocok untuk istirahat dan makan sambil rekreasi. Menu ada nasi liwet dan bebek goreng serta saya juga menyediakan menu ‘SOP BUNTUT WAW KEREN RASANYA’, rumah makan yang bernuansa jawa ini menyajikan makanan khas serta indonesia. special dari rumah makan joglo. semua diracik dengan bumbu kraton solo yang akan membuat anda merasakan makanan yang bercitra rasa tinggi. selain makanan khas joglo juga menyajikan aneka makanan dan minuman yang sangat istimewa dengan harga terjangkau.
“masih banyak menu yang tidak bisa saya beritahu dan untuk tahu kalian harus datang ke sini untuk membuktikannya sendiri”!!!!!
Di rumah makan joglo. Kalian akan menikmati suasana rumah jawa dengan bangunan 1ha rumah joglo asli menggunakan krajinan dan ukiran dari jepara dari gebyok,pendopo serta kursi dan meja.
Fasilitas rekreasi yang baik untuk keluarga yaitu mobil atv dan flyingfox membuat suasana keluarga anda akan semakin meriah di rumah makan joglo, tidak itu saja di sini juga di sediakan Mushola,Meeting Room dan Fishing jadi tidak masalah apabila sebagai orang muslim untuk Sholat.
Untuk kalian yang tiba-tiba melewati tempat saya jangan sampai terlewati mampir di rumah makan joglo. Dari pada makan fastfood umum seperti kfc, cfc, mc donalds, texas chicken, popeyes, hokben, warteg, mi raos, warsun, dan “kawan-kawan lebih baik kita coba yang beda. yang penting made in indonesia biar kita untung bangsa untung”.

Tetapi di dalam melakukan pelayanan tersebut, kami jarang membuat konsumen untuk tidak melakukan pembelian kembali. karena saya harus peka terhadap perubahan-perubahan yang di lakukan konsumen, walaupun itu tidak terjadi di Rumah makan kami tapi kesalahan yang di lakukan oleh Rumah makan lainnya bisa menjadi pelajaran kepada pelayanan yang akan di berikan oleh konsumen lainnya.
Kami tidak akan membiar keadaan Lingkungan Rumah makan yang kotor karena akan membuat konsumen tidak akan datang ke tempat kita jadi kami membuat viewnya yang nyaman .Lokasi harus strategis agar konsumen bisa dengan mudah datang ke tempat ini. Dekorasi tempat dan penyinaran cahaya.
Sebagai pemilik di sini saya membuat konsep untuk tempat yaitu mengunakan Full Musik karena ini akan membuat suasana hati pembeli agar mereka mendapat kenyaman pada saat memilih-milih barang dengan waktu yang lebih lama. Warna tembok di buat menarik dengan Art design yang mengagumkan.
Saya tidak henti-hentinya melakukan inovasi lewat pengembangan SDM / karyawan agar pada saat menawarkan suatu makanan agar pelayan terlihat menarik dari sisi penampilan, tutur kata dan mudah bergaul harus di perhatikan. tugas karyawan juga harus dapat mengantisipasi ramai / tidak pengunjung ke tempat makan ini, misalnya:
- Pada saat ramai penjaga harus di tingkatkan tanpa menggangu kenyaman konsumen dan juga saya juga di tuntut untuk sering melakukan pembaruan.

Target konsumen saya yaitu kalangan menengah ke bawah dan tanpa perbedaan pelayanan antara yang mampu maupun yang tidak karena pada dasarnya semua konsumen merasa senang apabila dirinya selalu di anggap.
“Sebagai produsen harus banyak belajar tentang dirinya sendiri, kegagalan harus di terima sebagai pengalaman selalu berpikir positive, jangan suka menunda pekerjaan, harus dapat memecahkan masalah dengan penyelesaian.”
Ada beberapa pelayanan prima yang saya terapkan untuk para karyawan untuk pelanggan :
- mencatat pesanan pelanggan
- mencatat kebutuhan pelanggan
- Menegaskan kembali kebutuhan pelanggan
- Mewujudkan kebutuhan pelanggan
- Menyatakan terima kasih dengan harapan pelanggan kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies