WEB BLOG
this site the web

Kenakalan remaja

Kenakalan remaja
Yang harus di perhatikan:
PENGARUH KAWAN SEPERMAINAN
Pergaulan di dunia remaja juga menentukan watak,Apabila memiliki banyak teman,nilai mereka di mata teman yang lainnya pasti tinggi bagaikan mendapat prestasi terlebih bila mendapatkan teman dari kalangan tertentu.misal : Anak Orang terkaya di wilayahnya.Terkadang Orang tua juga memiliki kebanggaan padahal apabila tidak dapat di kendalikan ini akan berakibat kekecewaan. Sebab kawan dari kalangan tertentu pasti mempunyai gaya hidup yang berbeda. Apabila si anak berusaha mengikutinya tetapi tidak bisa ataupun orangtua tidak mampu memenuhi keinginannya maka anak akan menjadi frustrasi. Apabila timbul frustrasi, maka remaja kemudian akan melarikan rasa kekecewaannya itu pada narkotik, obat terlarang, dan lain sebagainya.
Menghindarinya:
a. Mencari teman yang sesuai
b. Memberi kesibukan dan kepercayaan dalam kegiatan Rumah Tangga

Pemberian tanggung jawab ini hendaknya tidak dengan pemaksaan maupun mengada-ada. Berilah pengertian yang jelas dahulu dan teladan.Dengan ini akan mengurangi waktu anak di luar rumah dengan mendidik untuk mandiri dan dapat memecahkan masalah sehari-hari
PENDIDIKAN
Memberikan pendidikan yang sesuai adalah merupakan salah satu tugas orangtua, pilihkanlah sekolah yang bermutu dan beragama dengan tidak mengesampingkan keinginan anak untuk memilih pendidikannya.

PENGGUNAAN WAKTU LUANG
Penggunaan waktu luang harus dengan hal positif misal: dengan ikut kegiatan bakti social,extrakulikuler,dll.Jangan dalam hal Negatif,Misal: tidak kebut-kebutan pada malam hari tanpa menggunakan lampu,mencuri,merusak dan minum-minuman keras. pada umunya apabila seseorang tidak mengikuti gaya hidup anggota kelompoknya maka ia akan dijauhi oleh lingkungannya. Tindakan pengasingan ini jelas tidak mengenakkan hati si remaja, akhirnya mereka terpaksa mengikuti tindakan kawan-kawannya yang sesat.Orang tua seharusnya jangan terl;alu sibuk karena anak remaja tidak hanya butuk materi tetapi perhatian batinnya.
Oleh karena itu, waktu luang yang dimiliki remaja dapat diisi dengan kegiatan keluarga sekaligus sebagai sarana rekreasi. Kegiatan keluarga ini hendaknya dapat diikuti oleh seluruh anggota keluarga
UANG SAKU
Menanamkan pengertian bahwa Uang hanya dapat diperoleh dengan kerja dan keringat,untuk itu harus menghargainya, jangan terlalu boros dan rajin menabung.Supaya tidak malas belajar, sebab mereka pikir tanpa kepandaian pun uang gampang.
PERILAKU SEKSUAL
Sudah sangat mengkhawatirkan,para remaja dengan bebas dapat bergaul antar jenis.
Mereka sudah mengenal istilah pacaran sejak awal masa remaja. Pacar, bagi mereka, merupakan salah satu bentuk gengsi yang membanggakan. Akibatnya, di kalangan remaja kemudian terjadi persaingan untuk mendapatkan pacar dan sampai mereka putus sekolah karena hamil, Hendaknya ditumbuhkan kesadarabahwa kenyataan sering tidak seperti harapan kita, sebaliknya harapan tidak selalu menjadi kenyataan.,Dalam menghadapi masalah pergaulan bebas antar jenis di masa kini, orangtua hendaknya memberikan bimbingan pendidikan seksual secara terbuka, sabar, dan bijaksana kepada para remaja. Remaja hendaknya diberi pengarahan tentang kematangan seksual serta segala akibat baik dan buruk dari adanya kematangan seksual. Orangtua hendaknya memberikan teladan dalam menekankan bimbingan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies