PELAKU EKONOMI
( UMKM )
Usaha Mikro Kecil dan Menengah
Pada perusahaan jasa Bengkel Fika
Di
KOTA BEKASI
Oleh : Lilis Dwi Kusumo Wardany
Kelas : 2 DD03
NPM : 30208733
UNIVERSITAS GUNADARMA
Jln. KH Noer Ali Kalimalang
Bekasi Barat
KATA PENGANTAR
Dengan mengucapkan puji syukur kehadiran Allah SWT atas berkat rahmatnya sehungga penulis dapat menyelesaikan tugas penelitian UMKM (usaha mikro kecil menengah) dengan judul Perusahaan Jasa Bengkel Fika
Adapun tujuan dari penelitian untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah ekonomi pembangunan.
Keberhasilan penulis menyelesaikan penelitian ini adalah berkat bantuan dan dukungan dari berbagai pihak serta keteguhan hati penulis, meskipun banyak hambatan yang di hadapi oleh penulis, namun semua menjadi pelajaran dan pengalaman yang berkesan
Dalam kesempatan ini perkenankanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dorongan dan bantuan yang diterima oleh penulis sampai dengan menyelesaikan penelitian ini.
Dan perkenankanlah penulis mengucapakan terima kasih kepada:
1.Bapak Nurhadi selaku dosen Matkul Pengantar Ekonomi Pembangunan
2.Bapak Dr Bagus Nurcahyo, SE, MM selaku dosen pengampu softskills
3.Kedua orang tua yang memberikan dorongan, motivasi dan doanya sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian ini
4.Teman-teman di 2 DD 03 dan 04 yang memberikan kritik dan saran kepada penulis.
Penulis menyadari sepenuhnya di dalam penulisan penelitian ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk memperbaiki potensi penulis. Sehingga dalam penelitian selanjutnya lebih baik lagi serta dapat mencapai kesempurnaan.
Akhir kata dengan segala kerendahan hati penulis memohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat pada kata-kata yang salah dan tidak berkenan di hati pembaca.
BEKASI, November 2009
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I. PENDAHULUAN……………………………………………………….. 1
I.1 LATAR BELAKANG……………………………………………. 1
I.2 MAKSUD dan TUJUAN…………………………………………..1
I.3 KEUNGGULAN JASA………………………………………........2
I.4 DATA PERUSAHAAN………………………………………........2
BAB II. RENCANA PEMASARAN…………………………………………........3
II.1 HASIL ANALISIS PASAR……………………………………….3
(Target Pasar atau konsumen, Situasi Persaingan,
Strategi Pasar)
BAB III. KEUANGAN……………………………………………………………4
III.1 LAPORAN LABA/RUGI………………………………………..4
III.2 LAPORAN PERUBAHAN MODAL……………………………5
III.3 NERACA………………………………………………………...6
BAB IV. TEMUAN……………………………………………………………….7
IV.1 FAKTOR PENDUKUNG dan PENGHAMBAT………………..7
IV.2 RESIKO YANG DI TIMBULKAN……………………………..7
IV.3 TINDAKAN ALTERNATIF……………………………………8
IV.4 PENGEMBANGAN USAHA…………………………………. .8
BAB V. PENUTUP………………………………………………………………..9
V.1 KESIMPULAN…………………………………………………...9
V.2 SARAN…………………………………………………………. 10
BAB I
PENDAHULUAN
1.1LATAR BELAKANG
Sebuah perusahaan baik perusahaan besar maupun kecil dapat mengukur keberhasilan dari keunggulan yang memperoleh pada setiap akhir periode. Untuk keberhasilan hasil laba/rugi yang di peroleh sebuah perusahaan maka di butuhkan suatu system akuntansi yang dapat menghasilkan informasi masalah keuangan.
Dalam laporan ini akan di bahas mengenai data-data suatu perusahaan yang usahanya bergerak di bidang jasa yaitu bengkel “FIKA”. Adapun alasan saya memilih bengkel ini adalah sebagai berikut:
1. Tidak adanya system pembukuan/pencatatan yang jelas sehingga saya tertarik untuk membuat suatu pembukuan sederhana yang dapat di gunakan dan bermanfaat bagi bengkel tersebut.
2. Kegiatan usahanya berkelanjutan.
3. Sumber pendapatannya terdiri dari pendapatan jasa.
1.2 MAKSUD dan TUJUAN
a. Mahasiswa di harapkan mampu menerapkan siklus akuntansi pada suatu dunia usaha.
b. Mahasiswa di harapkan mampu bersosialisasi langsung dengan dunia usaha di sekelilingnya.
c. Mengasah kemampuan mahasiswa
d. mahasiswa terjun langsung dalam proses akuntansi di suatu perusahaan.
1.3 KEUNGGULAN JASA
a. Proses pencatatan keuangan terperinci jelas dan mudah
b. Dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan
c. Biaya yang di keluarkan relative murah
Metode Penelitian
Untuk pembahasan tugas makalah ini,penulis melakukan pengumpulan data dengan menngunkan metode penelitian sebagai berikut:
Penelitian lapangan
Study lapangan dilkukan dengan cara melakukan surfie langsung yang akn menjadi objeck penelitian yaitu dengan cara :
a. Interview,yaitu melakukan tanya jawab langsung dengan pihak UMKM
b. Observasi, yaitu dengan cara membaca,mencatat,dan melihat secara langsung pada objek yang diteliti
1.4 DATA PERUSAHAAN
Nama perusahaan : Bengkel FIKA
Alamat : Jln. KaliMalang Raya ,Bekasi Timur
Jumlah karyawan : 8 orang
Nama pemilik : Tn. Achmad Taufik
Tujuan Perusahaan
Adapun tujuan dari pendirian perusahaan ini adalah sebagai berikut:
a. Menciptakan lapangan kerja.
b. Meningkatkan pendapatan masyarakat
c. Memenuhi kebutuhan masyarakat
d. Mengasah jiwa kewirausahaan
BAB II
RENCANA PEMASARAN
II.1 Hasil Analisis Pasar
1. Target Pasar atau Konsumen
Target pasar atau konsumen seluruh masyarakat terutama daerah Bekasi Timur. Lokasi usaha yang mudah dijangkau dan terletak di jalan akses menuju keluar masuk jalan Tol Bekasi Timur.
2. Situasi Persaingan
Kemungkinan adanya saingan jenis usaha di bidang jasa ini sangat besar, karena semakin banyaknya pengangguran yang lulusan STM yang mendirikan usaha seperti ini.
3. Strategi Pasar
Kegiatan pemasaran usaha ini dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung. Pemasaran secara langsung adalah melayani secara langsung yaitu konsumen datang ke bengkel ini, Sedangkan pemasaran tidak langsung adalah dengan menelfon ke bengkel untuk mengirim montir ke tempat yang di tuju.
BAB III
KEUANGAN
Menyusun Laporan Keuangan
Setelah memperoleh data-data tentang laporan keuangan yang kemudian disusun ke dalam format-format laporan keuangan ,seperti : Format laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, Neraca.
III.1 LAPORAN LABA-RUGI
Pendapatan Jasa Rp 39.250.000,00
Beban-Beban
B.Peny.Peralatan Rp 50.000,00
B.Peny.Gedung Rp 125.000,00
B.Peny.Mesin Rp 100.000,00
B.Rek.List,Air, & Telp Rp 1.690.000,00
B.Gaji Karyawan Rp 6.000.000,00
B.Perlengkapan Rp 200.000,00
Total Beban Rp 8.165.000,00
Laba Bersih Rp 31.085.000,00
III.2 LAPORAN PERUBAHAN MODAL
Modal Awal pemilik Rp 38.850.000,00
Laba Bersih Rp 31.085.000,00
Penambahan Modal Rp 31.085.000,00
Modal Akhir Rp 69.935.000,00
neraca
AKTIVA
Harta lancar :
Kas Rp 21.658.000
Perlengkapan Rp 13.107.000
Jumlah harta lancar Rp 34.765.000
Harta tetap :
Peralatan Rp 6.595.000
Akum.Peny.peralatan Rp 1.350.000
Rp 5.245.000
Gedung Rp 30.000.000
Akum.peny.gedung Rp 3.375.000
Rp 26.625.000
Mesin Rp 6.000.000
Akum.peny.mesin Rp 2.700.000
Rp 3.300.000
Jumlah harta tetap Rp 35.170.000
Jumlah aktiva Rp 69.935.000
PASIVA
Modal :
Modal Achmad Taufik Rp 69.935.000
Jumlah PASIVA Rp 69.935.000
IV.1 FAKTOR PENDUKUNG dan PENGHAMBAT
A. Faktor Pendukung
1. Respon yang sangat baik dari dunia usaha
2. Peran serta Orang Tua memberikan dorongan moril dan materi
3. Pelajaran yang di peroleh di Universitas sangat membantu dalam melakukan tugas ini.
B. Faktor Penghambat
1. Sulit mendapatkan perusahaan-perusahaan untuk di mintai data keuangan
2. Kurangnya pemahaman mengenai Siklus Akuntansi dari pihak pamilik
3. Bukti-bukti keuangan yang ada di perusahaan sulit untuk di dapatkan karena banyak dari mereka yang tidak di arsipkan
4. Keadaan pembukuan di perusahaan berbeda dengan teori yang sudah di pelajari di kelas
5. Kurang memahami mengenai pos-pos akun pada usahanya
6. Dana yang di perlukan cukp besar
7. Jangka waktu yang singkat
IV.2 RESIKO YANG DI TIMBULKAN
A. Resiko yang Timbul dari Masalah Intern
1. Perlengkapan yang sulit didapat
2. Kurangnya peralatan
3. Kerusakan peralatan
4. Kurangnya tenaga kerja yang ahli
B. Resiko yang Timbul dari Masalah Ekstern
1. Jumlah pelanggan
2. Banyaknya pesaing
3. Ekonomi pelanggan
4. Kurangnya pengetahuan
5. Kurang maksimal dalam promosi
IV.3 TINDAKAN ALTERNATIF
A. Tindakan Alternatif
1. Menyelesaikan Resiko Intern
2. Pengadaan perlengkapan yang tidak mudah rusak
dan berlebihan
3. Perawatan peralatan yang cukup
4. Menyelesaikan Resiko Ekstern
5. Mengutamakan kualitas barang produksi
6. Mengutamakan pelayanan prima
7. Memaksimalkan upaya promosi
IV.4 PENGEMBANGAN USAHA
Cara-cara sebagai berikut:
1. Memperbaiki kemasan produk
2. Menambah tenaga kerja
3. Memperbaiki kualitas produk
4. Meningkatkan pelayanan prima
5. Meningkatkan upaya promosi
6. Memperluas wilayah pemasaran
BAB V
PENUTUP
V.1 Kesimpulan
Selama penulis melaksanakan tugas ini, Penulis dapat mengamati secara jelas maju mundurnya maju mundurnya perusahaan karena dapat di lihat secara langsung dalam laporan keuangan yang penulis buat. Pada awalnya penerapan Siklus Akuntansi pada bengkel masih menggunakan pencataan yang sederhana. Setelah mengetahui pentingnya penerapan Siklus Akuntansi akhirnya dengan proses observasi penulis melakukan pembukuan dengan system akuntansi menurut data-data yang penulis peroleh dari bengkel fika.
Sebelumnya penulis mendapatkan bukti transaksi berupa catatan sederhana dan penyusun sajikan berupa catatan sederhana dan penyusun sajikan berupa laporan keuangan secara ringkas tersebut akan memudahkan pemilik bengkel dalam mengetahui dan memanfaatkan informasi yang penulis berikan dalam kegiatan usaha tersebut
Dalam uji kompetensi ini penyusun dapat mengembangkan bakat dan mempraktikkan secara langsung di lapangan, semua teory yang di dapat selama di kelas ,khususnya di dalam penerapan siklus akuntansi dalam perusahaan jasa . penerapan siklus akuntansi tersebut meliputi:
1.Pengidentifikasian (Identifying)
2.Pengukuran (Measuring)
3.Pencatatan (Recording)
4.Pembolongan (Clarisification)
5.Pengikhtisaran (Summarizing)
6.Penyusunan Laporan keuangan (Reporting)
V.2 Saran
Pihak Universitas :
a.Memberikan Waktu yang lebih banyak kepada mahasiswa untuk kegiatan ini.
b.Pemberian informasi harus lebih jelas
Pihak Perusahaan :
a.Sebaiknya perusahaan menerapkan sistem Akuntansi untuk mengetahui tentang keuangan perusahaan.
b.Apabila Penulis lain melakukan Observasi berharap perusahaan dapat menerimanya dan datanya di arsipkan secara jelas.
PELAKU UMKM BENGKEL MOTOR DAN MOBIL "FIKA"
Diposting oleh
lilis
, Senin, 16 November 2009 at 22.20, in
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar