WEB BLOG
this site the web

penjelasan ekonomi pembangunan

Ekonomi => memepelajari bagaimana manusia memperoleh kebutuhan.

Teori pertumbuhan
- dalam ilmu ekonomi banyak terdapat teory pertumbuhan dan pembangunan, kita perlu mempelajari banyak teory tentang proses pertumbuhan suatu perekonomian supaya pandangan kita semakin luas untuk menghindari warnatisme intelektual ada beberapa kelompok teory pertumbuhan dan pembangunan:
1. Manzab Historis: Teory pertumbuhan dari
 Frederik List
 Bruno Hilderbran
 Kal bulcer
 WW Rostow

2. Manzab Analistis : Teory pertumbuhan classic
 Adam Smith
 David Recaldo
 T. Robert Altus
 Karl Marks

Teory pertumbuhan dari Neo classic yaitu Robert solow, Crefor Swan
Teory pertumbuhan Yosef Skunpeter
Teory pertumbuhan kuznet

1. Manzab histories: Proses pertumbuhan dan pembangunan ekonomi berdasarkan pada isi empiris atau pengalaman histories tentang tahap-tahap pembangunan ekonomi suatu Negara.
Teori barasal dari jerman,
Frederik list adalah seorang penganut paham laisefaire ,menurutnya dapat menjamin alokasi sumber daya sacara optimal, perkembangan ekonomi tergantung peranan pemerintah dan kebudayaan masyarakat.
FASE-FASE:
- Fase primitive
- Fase berternak
- Fase Pertanian
- Fase Industri pengolahan
- Fase Pertanian, industri, pengolahan

2. Mazhab Analistis: menerangkan pada teori yang bias mengungkapkan proses pertumbuhan secara logis dan konsisten tapi sering bersifat abstrak dan kurang menekankan pada isi empiris (histories)
- Teori pertumbuhan classic ,Teori ini muncul pada revolusi industri abad ke – 18 dan awal abad ke 19 sistem liberal mendominasi dalam perekonomian menurut teori klasik pertumbuhan ekonomi liberal terjadi karn adanya kemajuan teknologi dari perkembangan jumlah penduduk secara bersamaan

- cowiin clasi berpendapat bahwa mekanisme pasar akan secara otomatis menjadikan perekonomian berjalan secara efisien

- teori pertumbuhan neo clasik

Robert swallow dan treport swam secara sendiri-sendiri mengembangkan model pertumbuhan ekonomi yang dikenal dengan model neoclassic :
a. tenaga kerja (L) , tumbuh dengan laju pertumbuhan tertentu misalnya :P / thn
b. adanya fungsi produksi = f(k, L) yang berlaku setiap periode
c. adanya kecenderungan menabung ( propensite to save ) oleh masyarakat yang di nyatakan proporsi (s) tertentu dari output (Q) tabungan masyarakat S = SQ, bila Q naik S juga naik dan S turun bila Q turun.
d. Semua tabungan masyarakat di investasikan sehingga S=i=k dengan demikian pertumbuhan dalam neo clasik selalu memenuhi syarat warantid of grow yaitu adanya keseimbangan di pasar barang


Teori pertumbuhan keinesian
Teori ini akan di perluas teori produksi kesempatan kerja dalam jangka panjang . Menurut Analisis yang terpenting untuk mempertahankan perkembangan pendapatan pada tingkat yang employment

Ahli-ahli Postkeisnesian yang di bahas oleh RR Horrok dan Esueig donmar mereka berpendapat pengaruh investasi dalam profektif waktu yang panjang adalah setiap upaya untuk tinggal landas mengharuskan adanya mobilisasi tabungan dalam dan luar negri dengan maksud menciptakan infestasi yang cukup untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi .

Teori Hardrok dan domar mempunyai beberapa asumsi yaitu:
1. Perekonomian dalam keadaan pengerjaan penuh (Full employment ) dan barang-barang modal diproduksi masyarakat secara penuh.
2. Perekonomian terdiri dari dua sector yaitu sector rumah tangga dan sector perusahaan
3. besarnya tabungan masyarakat proposional dengan besarnya pendapatan nasional
4. adanya hubungan ekonomi langsung antara besarnya stok capital keseluruhan (k) dengan GNB (y) ini berarti bahwa dalam setiap tambahan Neto terhadap stok capital.

Dalam y/y merupakan tingkat pertumbuhan GNP (yaitu persentasi perubahan GNB)

Teori pertumbuhan menurut schumpenter , teori ini sebenarnya dapat di golongkan dalam kelompok teori pertumbuhan clasik namun dari kesimpulan-kesimpulannya khusus mengenai dalam perekonomian kapasitasnya berbeda ekonomi-ekonomi classic menurutnya dalam jangka panjang tingkat hidup orang banyak bisa di tingkatkan terus sesuai kemampuan teknologi sebab menurut teori ini masih penduduk tidak dianggap sebagai asset sentral dari prospek pertumbukan ekonomi akan keampuhan teknologi jadi menurut schumpehter factor utama perkembangan ekonomi adalah proses inovasi dengan para wiraswasta / innovator / interpreneur sebagai pelakunya.

Perbedaan antara pengertian pertumbuhan ekonomi dengan perkembangan ekonomi (development). Pertumbuhan ekonomi di artikan sebagai peningkatan output masyarakat yang disebabkan oleh banyaknya jumlah factor produksi mayarakat tanpa adanya perubahan cara / teknologi produksi itu sendiri.sedangkan perkembangan ekonomi di artikan sebagai kenaikan output yang di sebabkan oleh inovasi yang di lakukan oleh para wiraswasta.

Inovasi mempunyai 3 pengaruh yaitu:
1. di perkenalkan teknologi baru
2. menimbulkan keuntungan lebih
3. pada tahap selanjutnya timbulnya proses imitasi dari pengusaha lain terhadap teknologi baru tsb.



1. Meningkatkan persediaan yang di butuhkan untuk sisa hidup
2. Meningkatkan taraf hidup masyarakat selain menambah penyediaan lamaran kerja, pendidikan yang lebih baik dan nilai-nilai budaya
3. Memperluas kehidupan ekonomi dan social bagi semua individu


Konsepsi pertumbuhan dan perataan
Titik tolak pertumbuhan dan pemerataan dalam rangka pembangunan nasional di perlukan pemikiran dan pemahaman secara kritis yang menyangkut kebijakan nasional

ALTERNATIF

Pertumbuhan biasanya berkaitan dengan GNP untuk itu perlu adanya hasil produksi yang dapat di ekspor dan bersaing :
a. Meningkatkan prestasi kerja dan produktifitas produksi
b. Penggunaan peralatan-peralatan modern yang akan mengakibatkan pengangguran yang di sebabkan munculnya produksi dan pabrik modern
c. Meningkatkan produk nasional baik jumlah, jenis , dan kualitas produk
d. Mngembangkan Inovasi baru
e. Pergerakan ekonomi yang menyebabkan :
- Pendapatan perkapita meningkat
- Perubahan struktur ekonomi
- Menigkatkan ekspor

Keburukan pertumbuhan ekonomi
a. Memerlukan dana yang besar yang berakibat menumbuhkan hutang luar negri
b. Ketergantungan antara Negara peminjam kepada Negara pemberi
c. Terjadi ketimpangan pemerataan ekonomi
d. Timbulnya kesenjangan antara desa dan kota.
e. Pertumbuhan GNP / kapita yang cepat tidak mengambarkan peningkatan taraf hidup


Masalah Stabilitas ekonomi

Stabilitas di artikan tidak adanya fluktuasi, tidak adanya gangguan ekonomi untuk menghambat.
Biasa di kaitkan dengan harga-harga apabila harga-harga cenderung naik secara terus menerus ,biasanya disebut Inflasi
Dan keadaa sebaliknya disebut deflasi
Maka pertumbuhan dan pembangunan ekonomi pemerintah untuk kestabilan harga-harga sehingga dapat memicu kestabilan ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies